Rabu, 15 Juni 2016

Pengertian media dan ciri pembelajaran

Media pembelajaran adalah salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Pekegunaaanan media sewajibnya adalah tahap yang wajib mendapat perhatian guru / fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu guru / fasilitator butuh mendalami bagaimana menetapkan media pembelajaran supaya bisa mengmanjurkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Pada kenyataannya media pembelajaran tetap tak jarang terlalaikan dengan beberapa alasan, antara lain: terbatasnya waktu untuk membikin persiapan mengajar, susah mencari media yang tepat, tak terdapatnya biaya, serta lain-lain. Faktor ini sebetulnya tak butuh terjadi apabila setiap guru / fasilitator sudah mempunyai pengetahuan serta ketrampilan mengenai media pembelajaran.Secara umum media pembelajaran adalah alat bantu dalam proses belajar mengajar. Sesuatu apa pun yang bisa dipergunakan untuk merangsang pikiran, perhatian, perasaan, serta performa alias ketrampilan pebelajar tersebut jadi bisa mendorong terjadinya proses belajar alias kegiatan pembelajaran. Batasan dari media pembelajaran ini lumayan luas serta mendalam dengan mencakup arti sumber, manusia serta lingkungan setra metode yang dikegunaaankan dari tujuan pembelajaran alias pelatihan tersebut.
Singkatnya arti media pembelajaran adalah sebuahalat sebagai perantara untuk pemahaman makna dari materi yang disampaikan oleh pendidik alias guru baik berupa media cetak alias pun elektronik serta media pembelajaran ini juga sebagai alat untuk memperlancar dari penerapan komponen-komponen dari sistem pembelajaran tersebut, jadi proses pembelajaran bisa berawet serta manjur, suasana belajar pun menjadi menyenangkan. Proses pembelajaran adalah proses komunikasi yang berjalan dalam sebuahsistem, maka dari itu media pembelajaran tersebut menempati posisi yang lumayan penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa adanya media pembelajaran tersebut, komunikasi tak bakal terjadi serta proses belajar membimbing sebagai proses komunikasi juga tak bakal bisa berjalan dengan cara manjur serta optimal. Jadi, media pembelajaran tersebut bisa dikatakan sebagai komponen integral dari sistem pembelajaran.
Kesimpulannya, media pembelajaran adalah segala sesuatu yang bisa dijadikan peantara untuk menyalurkan pesan, merangsang fikiran, minat, perasaan, serta kemauan peserta didik jadi bisa mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.

Berikut adalah media pembelajaran di bagi beberapa jenis, yaitu : 
- Media Visual : grafik, chart, komik, diagram, kartun, bagan, serta poster
- Media Audial : radio, laboratorium bahasa, tape recorder, serta sejenisnya
- Projected still media, slide, over head projektor (OHP), in focus serta sejenisnya
- Projected motion media : film, video (DVD, VCD, VTR), televisi, pc serta sejenisnya.

Berikut ini kami bakal mengulas mengenai Media Pembelajaran, Apa serta Bagaimana? Pembelajaran yang membahagiakan memerlukan setidak sedikit-tidak sedikitnya media belajar. Media belajar juga berkegunaaan memudahkan terjadinya proses pembelajaran. Penentuan media belajar wajib dipilih, disaring, serta diselaraskan dengan tujuan yang ingin dicapai. Oleh sebab itu, hendaknya dipilih alat bantu yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
Luar biasa perhatian serta ketertarikan siswa, meletakkan dasar-dasar untuk memahami sesuatu faktor dengan cara konkret yang sekaligus mencegah alias mengurangi verbalisme; serta sederhana, mudah dipakai serta dirawat, bisa dibangun sendiri oleh guru alias diambil dari lingkungan kurang lebihnya. Salah satu prinsip belajar menyebutkan bahwa makin tak sedikit media bantu pembelajaran dikegunaaankan dengan cara tepat dalam pembelajaran, makin besar daya serap siswa kepada materi yang dipelajarinya. Dengan demikian, dalam pembelajaran guru wajib memakai beberapa media belajar serta mekegunaaankannya dengan cara tepat. Mekegunaaankan media pembelajaran dengan cara tepat artinya bisa memilih alat yang tepat dengan materi yang dibahas serta mendemonstrasikan media tersebut pada saat yang tepat, jadi bisa berkegunaaan memperjelas info (konsep) yang sedang dibicarakan. Sedangkan tujuan dari media pembelajaran tersebut adalah untuk memudahkan proses belajar - mengajar, untuk menambah efisiensi belajar-mengajar, menjaga relevansi dengan tujuan belajar, untuk menolong konsentrasi mahasiswa serta lain-lain. Sedangkan media sendiri mempunyai ciri-ciri, diantaranya Dari ciri-ciri yang dikemukakan di atas, bisa ditarik arti pokok mengenai media pembelajaran, yaitu:
Media pembelajaran identik dengan alat peraga.
Media pembelajaran adalah sebuahsarana untuk terciptanya sebuahproses pembelajaran yang bisa menunjang efektivitas kesuksesan belajar siswa.
Media pembelajaran tak hanya dipakai dalam kelas saja, bakal namun tak menutup kemungkinan dipakai di luar kelas.

Baca juga artikel lainnya klik http://turunansakti.com/ sekian dan terimakasih semoga bermanfaat
Pengertian media dan ciri pembelajaran
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.