Minggu, 26 Juni 2016

CARA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN AKTIVE LEARNING


Pembelajaran semua tingkatan yaitu untu berupaya mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap. Untuk mengembangkan 3 point tersebut terdapat berbagai metode active learning, yaitu : 
A. TRUE OR FALSE (BENAR ATAU SALAH)
Aktifitas ini berguna untuk mengajak siswa terlibat  dalam materi secara langsung. Metode ini menyuruh siswa untuk menyatakan benar atau salah atas pernyataan yang ditulis oleh guru dimasing-masing kartu. Salah satu langkahnya : GURU MEMBUAT PERNYATAAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN MATERI PELAJARAN, ADA YANG BENAR DAN ADA YANG SALAH. 
B. GUIDED TEACHING (PEMBELAJARAN TERBIMBING)
Metode ini mampu membuat siswa membandingkan antara jawaban mereka dengan materi yang telah disampaikan oleh guru. Salah satu langkahnya : GURU MENYAMPAIKAN BEBERAPA PERTANYAAN KEPADA SISWA UNTUK MENGETAHUI  KEMAMPUAN YANG MEREKA MILIKI.
C. CARD SORT (CARI KAWAN)
Metode ini merupakan aktifitas yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik klasifikasi, fakta tentang objek, atau informasi. Metode ini meminta kepada masing-masing kelompok siswa buat  mempresentasikan isi kartu yang ada di kelompoknya. Salah satu langkahnya : GURU MEMBERIKAN POIN PENTING YANG SAMA DENGAN BAHAN MATERI
D. THE POWER OF TWO (GABUNGAN DUA KEKUATAN)
Metode ini meminta pada siswa buat menjawab pertanyaan dari guru secara perorangan, setelah itu lalu guru melakukan sharing bersama seorang siswa di sebelahnya. Salah satu langkahnya : GURU MEMBERI SATU ATAU DUA PERTANYAAN KEPADA SISWA YANG MENUNTUT PERENUNGAN DAN PEMIKIRAN.
E. ROTATING ROLES (PERMAINAN BERGILIR)
Metode yang satu ini merupakan aktifitas yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melatih diri dalam bermain peran didalam situasi kehidupan nyata. Metode ini meminta kepada siswa untuk membuat skenario kehidupan yang nyata berkaitan dengan materi yang sedang didiskusikan. Salah satu langkahnya : GURU MEMILIH  SISWA KEDALAM BEBERAPA BAGIAN, TIAP-TIAP KELOMPOK TERDIRI  TIGA ORANG SISWA.
Kurang lebih seperti itu tentang metode pembelajaran aktif learning, pembelajaran aktif learning berguna agar peserta didik mampu tertuju serta focus hanya pada proses belajar saja. Demikian artikel tentang metode pembelajaran aktive learning Semoga bermanfaat, dan terima kasih. Baca juga artikel selanjutnya serta kunjungi di http://turunansakti.com/

CARA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN AKTIVE LEARNING
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
3 Agustus 2016 pukul 07.35

bisa pinter nih anak-anak indonesia kalo pake metode ini, amin
2 cara yang sejauh ini terus mengalirkanku uang tambahan berbentuk $$$
klik 22 nya kunjungi dan ikuti spy dapet uang tambahan juga
KLIK JANGAN MALU2X :D
http://bit.ly/2awA7VB
dan
http://bit.ly/2akdeRT

kunjungi juga blog ane yang satunya http://klpkampit.blogspot.com

Reply